Rabu, 18 November 2020

Teks Khutbah Jumat : Menjadi Pemuda Muslim Sejati


Untuk Melihat Videonya di kanal Youtube Saung Ilmu

silakan klik link di bawah ini :
https://www.youtube.com/watch?v=YTOi6RNu-4E


Untuk melihat video-video khutbah lainnya di Kanal Youtube Saung Ilmu

klik link di bawah ini :

https://youtube.com/channel/UCrqsOjciNQLsp7k_6Df27Vw



KHUTBAH PERTAMA


 اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي اَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَكَفَى بِاللَّهِ شَهِيْدًا 

اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

اَللَّهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إلَى يَوْمِ الدِّين

فَيَا عِبَادَ اللَّهِ ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللَّهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ ،

وَقَالَ اللَّهُ تَعَالَى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ:

يَآأَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا اتَّقُوْا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

وَقَالَ

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا


Ma’asyiral Muslimin, Rahimakumullah, Alkisah menjelang keberangkatan Rasulullah dan para sahabatnya ke medan perang Badar, datanglah seorang pemuda menghadap Rasulullah SAW. kala itu usianya 13 tahun. Masih sangat muda. Badannya yang kecil tidak lebih tinggi dari pedang yang dibawanya. Setelah dekat kepada beliau dia berkata, “Saya bersedia mati untuk Anda, wahai Rasulullah! Izinkanlah saya pergi jihad bersama Anda.”
Rasulullah bangga dan takjub dengan remaja itu. Tetapi, beliau tidak mengizinkannya untuk berperang karena usianya yang masih sangat muda. Remaja itu pun kembali, dengan kesedihan yang mendalam, niatnya untuk memperjuangkan Islam belum bisa dilaksanakan. Sementara itu, ibunya yang dari tadi melihat dari kejauhan, tidak kalah sedihnya. Sebab, putranya belum mendapat kesempatan membela Islam. 
Setahun kemudian, ketika ummat islam bersiap untuk menghadapi perang uhud, ia mengajukan diri lagi namun lagi-lagi Rasulullah belum mengizinkan karena usianya yang masih terlalu muda. Baru  pada saat usianya menginjak 16 tahun, dia diizinkan ikut berperang. 

Ma’syiral muslimin, pemuda itu bernama Zaid Bin Tsabit. Ia berasal dari golongan anshar, masih berusia 11 tahun ketika Nabi hijrah ke Madinah, dan telah menjadi yatim ketika ia berumur enam tahun.
Ma’asyirol muslimin rahimakumullah, selain pemberani, keistimewaan pemuda ini adalah ia seorang  penghafal Al Quran. Saat usianya menginjak 11 tahun ia sudah menghafal 17 surat Al Qur’an yang di murajaah langsung oleh Rasulullah SAW. Zaid juga berhasil menyempurnakan hafalan qur’annya ketika Rasulullah SAW masih hidup.
Tidak hanya itu ia juga pemuda yang sangat cerdas yang mampu mempelajari bahasa asing dengan cepat. Rasulullah sempat menyuruhnya belajar beberapa bahasa asing termasuk bahasa ibrani yang dipakai oleh kaum Yahudi dan ia dapat menguasainya dengan cepat.
Selain itu ia juga mahir bahasa Persia, Roma serta Habasyah. Kemampuan bahasa dan tulis-menulis Zaid di atas rata-rata. Oleh karena itu Zaid diangkat menjadi salah satu penulis surat-surat dakwah Rasulullah SAW, termasuk menjadi pencatat wahyu Al Quran. 

Dan di masa khalifah Abu Bakar ia diberi mandat untuk mengumpulkan dan membukukan Al Quran. Karena pada saat terjadi perang Yamamah melawan Nabi Palsu Musailamah Al Kadzab, banyak para penghafal quran yang gugur.
Ma’asyiral muslimin, terkhusus para pemuda. Inilah sosok pemuda yang diharapkan oleh Islam. Memiliki semangat juang, cerdas, dan mampu memikul tanggung jawab serta amanah yang diberikan kepadanya.
Masa muda waktu berharga yang tak dapat tergantikan, maka setiap yang menginginkan kesuksesan harus memanfaatkan masa mudanya sebaik mungkin untuk hal-hal yang bermanfaat bagi dunia dan akhiratnya sebelum datang hari tuanya. 
Nabi – shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda : اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ  Raihlah lima perkara sebelum datangnya lima perkara lainnya”, dalam hadis ini salah  satunya beliau menyebutkan :  شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ   “masa mudamu sebelum masa  tuamu”. 

Ma'asyiral Muslimin rahimakumullah, khususnya para pemuda yang dicintai Allah, Pemuda adalah agen perubahan. Itulah mengapa Al-Qur'an mengisahkan para pemuda yang memperjuangkan agamaNya; diantaranya ada Ibrahim as, Musa as, dan Ashabul Kahfi. 
Itulah mengapa sejarah Islam juga diwarnai oleh para pemuda. Sebagian dari Assaabiquunal awwalun yang ditarbiyah Rasulullah adalah pemuda. Dai yang ditugaskan Rasulullah untuk berdakwah di Madinah dan mengislamkan penduduk disana adalah Mush'ab bin Umair, seorang pemuda. Komandan perang sekaligus khalifah yang mampu menaklukkan konstantinopel ternyata juga seorang pemuda; dialah Muhammad Al-fatih.
Wahai para pemuda Islam saatnya kita bangkit menyongsong masa depan. Menjadi Pemuda-pemuda seperti Zaid Bin Tsabit dan yang lainnya yang telah disebutkan dalam khutbah ini. Jika kita bersemangat dalam memperjuangkan Islam, menolong agama Allah maka Allah SWT akan berikan pahala yang besar.

Allah Ta’ala berfirman :
    يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِن تَنصُرُواْ ٱللَّهَ يَنصُرۡكُمۡ وَيُثَبِّتۡ أَقۡدَامَكُمۡ 
Wahai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. ( Q.S. Muhammad : 7)
Tidak mungkin Islam ini memperoleh kembali kejayaannya, jika umat Islam hanya diam dan pasrah dengan kondisi yang ada. Sementara para pemudanya hanya berfoya-foya dan terjatuh dalam budaya hedonisme yang telah dikembangkan oleh pembenci-pembenci Islam. Allah SWT Berfirman : Dialah (Allah) yang menjadikan mati dan hidup, supaya Allah menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya.  
 ٱلَّذِي خَلَقَ ٱلۡمَوۡتَ وَٱلۡحَيَوٰةَ لِيَبۡلُوَكُمۡ أَيُّكُمۡ أَحۡسَنُ عَمَلٗاۚ وَهُوَ ٱلۡعَزِيزُ ٱلۡغَفُورُ 
(QS. Al Mulk : 2)
بَارَكَ اللَّهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلأَيَاتِ وَذِكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتُهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ



KHUTBAH KEDUA

إِنَّ الْحَمْدُ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لَآإِلهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ رَسُوْلَ وَلاَ نَبِيَ بَعْدَهُ ،
اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ رَسُوْلِ اللَّهِ اِبْنِ عَبْدِ اللَّهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَلَىهُ.
 أَمَّا بَعْدُ، فَيَا عِبَادَ اللَّهِ ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللَّهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ
وَقَالَ تَعَالَى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ
 وَاعْلَمُوْااَنَّ اللهَ اَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ. وَثَنَّى بِمَلاَئِكَةِ قُدْسِهِ. فَقَالَ تَعَالىَ وَلَمْ يَزَلْ قَائِلاًعَلِيْمًا: اِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِىْ يَاَ يُّهَاالَّذِيْنَ آمَنُوْاصَلُّوْاعَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ فِي الْاَوَّلِيْنَ وَاْلَاخِرِيْنَ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ وَرَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْ كُلِّ صَحَابَةِ رَسُولِ اللَّهِ اَجْمَعِيْنَ
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ لَكَ الْحَمْدُ يَامَعْبُودُ
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ
اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ، وَأَرِنَا الْبَاطِلَ باَطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ.
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
اللَّهُمَّ إنَّا نَسْأَلُكَ الهُدَى ، والتُّقَى ، والعَفَافَ ، والغِنَى
اَللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّاالْغَلَآءَ وَالْبَلَآءَ وَالْوَبَآءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَآئِدَ وَالْمِحَنَ مَاظَهَرَ مِنْهَا وَمَابَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَمِنْ بلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً اِنَّكَ عَلَى كُلِّى شَيْئٍ قَدِيْرٌ
رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ
وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.
عِبَادَاللَّهِ ! إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ  فَاذْكُرُوا اللَّهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَاسْئَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ

Selesai
Semoga Bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sejarah Palestina

Telah 26 hari berlalu semenjak konflik antara   Palestina dan Israel   memasuki babak baru yang lebih parah. Banyak warga sipil yang menjadi...